SUMPAH PERAWAT DI MASA PANDEMI

BANDA ACEH. DPD PPNI kota Banda Aceh kembali menyumpah Perawat-Perawat Lulusan terbaru dari institusi Pendidikan Perawat terkemuka di Banda Aceh. Sumpah perawat ini merupakan sudah menjadi keharusan dalam menjadikan perawat yang memiliki legalitas yang baik di kota Banda aceh ini. hadir dalam kegiatan ini Bapak Ketua dewan perwakilan wilayah PPNI Provinsi Aceh yang membacakan sumpah perawat dan diikuti oleh peserta.

Walaupun dalam masa sulit dimana pandemi Covid – 19 makin merebak, namun tidak menyurutkan semangat peserta mengucapkan ikrar sumpah pada hari Rabu tanggal 23 september 2020 menjadi moment penting sebagai perawat sejati yang siap melayani masyarakat yang membutuhkan perawatan kesehatan nya hingga dipelosok tempat. Dengan protokol kesehatan yang ketat dimana setiap peserta diwajibkan memakai masker dan sarung tangan bersih, serta berdiri menjaga jarak, para peserta sangat patuh mengikuti acara dari awal sampai akhir. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan Mars PPNI, struktur acara sedemikian rupa dijalankan tanpa kendala hingga sampai pada kata sambutan bapak Dr. Abdurrahman, S.Kp. Beliau berpesan agar perawat yang baru dilantik dapat menjaga tanggung jawab profesi yang di emban. Disamping itu saat ini perawat dituntut agar dapat memberikan Edukasi kepada masyarakat supaya mereka dapat memahami bahaya covid – 19 dan mencegah bersama-sama. selanjutnya beliau mengajak perawat agar dapat menjadi Change agent dan kegiatan ini merupakan momen penting masuk pertama kali dalam profesi perawat.

Selanjutnya Beliau berpesan bahwa kegiatan sumpah ini harus dilaksakan apapun yang terjadi. karena ada nilai-nilai moral yang mengikat dengan masyarakat dan Allah SWT. Semuanya tertuang dalam buku loog etik dan PIN PPNI yang dibagikan kepada tiap-tiap peserta sebagai buah tangan modal mereka bekerja oleh Bang Faisal, AMK, Ketua DPD PPNI Kota Banda Aceh.  Akibat jumlah peserta yang melebihi ruangan  dan pengawasan protokol kesehatan ketat, maka pengangkatan sumpah dilakukan selama 2 sesi, dimana 25 orang dilakukan pada sesi pertama dan  dan 25 orang di sesi ke-2. pelantikan ini diikuti oleh 40 orang lulusan Prodi D-IV keperawatan dan 15 perawat  dari AKPER  akper Tengku Fakinah Banda Aceh. ISN

Share